Mantan Ketua Akademi Muda FC Barcelona Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual terhadap Anak

By Nad

nusakini.com - Internasional - Mantan kepala akademi muda FC Barcelona telah dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak, menurut laporan media Spanyol dan Catalan.

Dilansir dari surat kabar Catalan, Ara, tuduhan terhadap Albert Benaiges dimulai pada 1980-an dan 90-an, ketika ia bekerja sebagai guru olahraga di distrik Les Corts di kota itu.

Seorang mantan siswa telah membuat pernyataan resmi kepada polisi dan lebih banyak lagi diekspektasikan untuk membuat pernyataan serupa dalam beberapa hari mendatang.

Pria berusia 71 tahun itu membantah tuduhan tersebut.

Surat kabar tersebut melaporkan bahwa tidak ada laporan yang berasal dari mantan pemain di akademi Barcelona, ​​yang umumnya dikenal sebagai La Masia, tempat Benaiges bekerja dari tahun 1992 hingga 2011.

Di antara tuduhan yang ditujukan kepada Benaiges adalah klaim bahwa dia mengekspos kemaluannya kepada siswa di sekolah, menyentuh anak-anak, membuat mereka membuka pakaian di depan teman sekelas dan menunjukkan video porno kepada mereka.

"Saya tidak pernah menyakiti siapa pun dan jika saya melakukannya, itu tidak disengaja," kata Benaiges kepada Ara. "Hati nurani saya sangat jelas, saya tidak pernah memaksa siapa pun dan saya mengecam pedofil."

Menteri Pendidikan Catalonia Josep González Cambray mengumumkan pada hari Sabtu (11/12), bahwa para pejabat di departemennya telah membuka penyelidikan atas dugaan pelanggaran dan berjanji untuk mendukung semua korban yang muncul.

Menulis di Twitter, Cambray mengatakan bahwa "sekolah harus menjadi ruang yang bebas dari semua kekerasan. Situasi ini tidak dapat ditoleransi dan kita harus bertindak dengan tegas".

Setelah meninggalkan Barcelona pada 2011, Benaiges melanjutkan bekerja di Uni Emirat Arab, Meksiko, dan Jepang.

Benaiges bergabung kembali dengan akademi Barcelona awal tahun ini setelah Joan Laporta terpilih kembali sebagai presiden klub.

Tapi ia meninggalkan klub pekan lalu karena apa yang disebut pejabat klub sebagai "alasan pribadi". Ara melaporkan bahwa ia diberhentikan sehari setelah klub mengetahui penyelidikan surat kabar tersebut.

Pelatih tim utama Xavi mengatakan kepada wartawan bahwa ia "terkejut" setelah mendengar tuduhan terhadap Benaiges.

Selama waktunya bertanggung jawab atas akademi FC Barcelona, Benaiges mengawasi perkembangan generasi emas Barcelona, ​​​​ia menghasilkan pemain-pemain kelas dunia, termasuk Lionel Messi dan Andres Iniesta ke tim utama.